Tuesday, February 3, 2015

Cara membersihkan sampah File Yang Ada pada Local Disk C

apa yang anda pikirkan ketika melihat Local Disk C yang seperti ini???
Akibatnya adalah laptop atau PC menjadi lamban, dan membuat kerja kita menjadi terhambat karena hanya masalah sepele seperti ini. Tapi apa yang bisa kita perbuat untuk membersihkan Local Disk C ini???
Sedangkan Local Disk C merupakan tempat semua sistem Software yang ada pada laptop/PC kita, jika kita salah menghapus data maka bisa-bisa OS/ beberapa program yang ada pada laptop/PC tidak bisa dijalankan dengan baik.
nah terus apa yang dapat kita lakukan untuk membersihkan Local Disk C ini agar ada beberapa Space kosong atau setidaknya tidak merah  seperti dia atas.
kita bisa membersihkan Local Disk C ini dalam 3 cara.

A. Uninstall Program/ aplikasi yang tidak kita perlukan.
     mungkin bagi yagn masih orang awam ini perlu sekali diperhatikan karena bisa saja yang membuat lemot Laptop/PC karena banyaknya program yang tidak berguna, lalu apa maksud dari program yang tidak berguna itu?. program yang tidak berguna adalah program yang tidak pernah kita gunakan atau ketika kita surfing dunia maya pasti ada banyak sekali tawaran untuk menginstal sebuah program ke dalam Laptop/PC kita. hal seperti itu meskipun tidak begitu memperbanyak space hardisk tapi cukup untuk membuat kinerja Laptop/PC kita menjadi lamban. lalu bagaimana caranya menghapus program yagn tidak berguna tersebut?
berikut tutorialnya:
  1. Buka Control Panel > lalu pada pencarian yang terletak pada kanan pojok atas ketik Uninstall. seperti gambar di bawah ini.

 
   2.  setelah di klik Uninstall programnya maka akan muncul jendela baru seperti di   bawah ini.
[gambar Uninstal]


di dalam kota merah itu adalah semua program yang ada pada pada Laptop/PC kita, kita bisa menghapus program yang tidak berguna di situ. jika anda ragu ingin menghapus sebuah program, sebaiknya anda googling apa manfaat dari program itu agar kita tidak salah Uninstall program.

B. Membersihkan File Download atau File Tersimpan di dalam Libraries.
 pada tahap ini sangat mudah sekali kita hanya tinggal memindahkannya ke lain hardisk atau menghapus data yang tidak diperlukan yang berada di dalam kotak merah di bawah ini.

 NB: saya menyarankan saja jika anda menyimpan data yang penting sebaiknya jangan simpan di dalam folder documents karena jika terjadi hal yang tidak di inginkan dan terpaksa harus di instal ulang Laptop/PCnya maka data anda yang ada di Documents kemungkinan kecil untuk di  selamatkan.

C. Membersihkan File Yang Tidak Terdeteksi
membersihkan Program sudah, kemudian menghapus atau memindah data yang ada di Documents juga sudah tapi Local Disk C masih merah. padahal program yang digunakan tidak terlalu banyak. bagi yang putus asa pasti sudah di instal ulang, hahaha
ini saya ada 1 cara lagi yang mungkin bisa membantu. saya sudah googling tapi kebanyakan hanya 2 cara di atas yang saya temukan.
tapi dengan cara ini membutuhkan 2 program yang ukurannya ga begitu besar dan sedikit insting haha.

1. download dulu
- Folder Size
- Disk Analyzer

2. setelah itu instal 2 Software tadi. Selesai instal buka Disk Analyzernya seperti gambar di bawah ini.

[gambar 1]

gambar di atas menunjukkan tempat penyimpanan yang ada pada komputer kita, dengan aplikasi ini kita bisa melihat lebih detail kapasitas yang terpakai pada hardisk. pada lingkaran merah pada Drive C: menunjukkan dari kapasitas 72,90 GB hanya tersisa 1,90 GB saja, pada layar sebelah kanan akan terlihat banyak folder yang memiliki persentase dari drive C:, bisa dilihat folder dengan nama "User" telah memakai 50,25% dari kapasitas yang terdapat pada disk C: tersebut. mulai dari sini kita akan menelusuri lebih dalam lagi apa saja isi dari folder "User" tersebut.

3. hingga pada akhirnya akan ditemukan folder dengan kapasitas yang 100% seperti gambar di bawah ini.

[gambar 2]

4. Lalu tahap akhir adalah kita hanya tinggal menelusuri dari tiap folder yang berkapasitas besar, pada pengalaman saya, folder yang mempunyai kapasitas besar adalah folder IDM. karena pada folder IDM terdapat banyak sekali file-file yang telah kita Download dan kita tidak menghapusnya.  Mungkin kita Sudah Menghapus file yang asli tetapi di dalam Drive C masih menyimpan Cache.

Sekian Tutorial Dari Saya.
bila ada pertanyaan silahkan tulis di komen bawah atau bisa lewat facebook saya

1 comment:

  1. Haii,,, Thanks Banget ya,, hampir semua tutorial aku coba tetap aja gak bisa, dan akhirnya menemukan blok ini PC aku selamat deh.. sumpah aku rekomendasi banget tutorial ini,, oke banget

    ReplyDelete